MAGNET

11:31

Indonesia sebagai salah satu Negara Maritim besar seharusnya mempunyai para pelaut yang harus mempunyai inspirasi kemaritiman yang kuat demi kemajuan dunia Maritim.

Seperti pembelajaran terdahulu kompas dan sistem kemudi adalah satu pelajaran kompetensi untuk jurusan nautika yang mana akan di gunakan pada saat taruna praktek kerja laut dan menjadi seorang mualim di atas kapal. Kompas dan sistem kemudi adalah alat Navigasi yang sangat penting bagi seorang navigator untuk menjalankan sebuah kapal niaga, kompas juga dapat di gunakan untuk menentukan posisi kapal dengan bantuan alat baring navigasi yaitu Azimut Circle. Di atas kapal ada beberapa pedoman yang sering kita jumpai bahkan harus ada misalnya pedoman magnet dan pedoman gyro begitu juga dengan sebuah kemudi di atas kapal, kapal tanpa kemudi ibarat kita berjalan tanpa tujuan karena sebelum kita melakukan pelayaran di suatu wilayah seorang mualim akan menentukan suatu garis haluan kemudian kapal akan mengikuti garis haluan tersebut sampai ke tujuan. Seperti kita ketahui pada kemudian kapal ada tiga sistem cara penggunaannya yaitu, Manual, Auto Pilot dan manual ada yang namanya NFU (Non Follow Up ) yang sering menggunakan NFU ini biasanyan kapal-kapal supply atau kapal yang sering melakukan oleh gerak.


                      PEDOMAN MAGNET


     Kata magnet berasal dari bahasa yunani magnet atau magnetis ithos yang batu dari magnesia, magnet merupakan benda yang dapat menarik benda-benda lain di sekitarnya seperti Besi, baja, dan kobalt. sebuah magnet terdiri atas magnet-magnet elemeter yang tersusun secara teratus. Magnet mempunyai bagian yang paling kuat daya tariknya yaitu bagian kutup magnet yang terdiri dari Kutub Utara ( KU ) dan Kutub Selatan ( KS ), ada tiga macam magnet menurut proses terjadinyayang kita kenal :
           1.Magnet Alam : Potongan besi yang magnet nya berdasarkan alamiah anatara lain terdapat di                                        asia
           2. Magnet Buatan : Benda Baja atau besi yang di jadikan magnet secara buatan oleh sapuan-                                                sapuan dengan magnet lain.
           3. Magnet Elektro : Batang besi lunak yang di lilit dengan kumparan magnetis hanya apabila                                               kumparan di aliri listrik.

        Benda Magnetik Dan Non Magnetik


Benda-benda yang ada di sekitar kita berdasakan sifat kemagnetan nya dapat di bedakan menjadi 2     ( Dua ) macam.

1. Benda Magnetik adalah benda yang dapat di pengaruhi ( ditarik/ditolak ) oleh magnet, benda magnet ini di bagi menjadi :

                            A. Faromsgnetik adalah benda-benda yang dapat di tarik kuat oleh magnet dan                                          dapat di buat menjadi magnet, Contoh : Besi, Bajas, cobalt, nikel.
                            B. Paramagnetik adalah benda-benda yang di tarik lemah mangan, platina,                                                  almunium dan uranium.
                            C. Diamegnetik adalah benda-benda yang seolah-olah ditolak oleh magnet dan tidak                                  dapat di buat jadi magnet, Contoh : Bismut, Seng, emas.

     Dari di lakukan dengan tiga ( 3 ) cara :

               ➤       Magnet Batang.
               ➤       Magnet Lada/Magnet U
               ➤       Magnet Jarum


Nama-Nama Magnet

 * Silinder
 * Batang
 * Jarum
 * U
 * Ladam
 * Keping

    Cara Membuat Magnet

Dapat di lakukan dengan tiga ( 3 ) cara :

     1.  Cara Mengosok yaitu Cara mengosok ujung magnet permanen pada permukaan benda bahan                magnet, misal nya Besi di gosok dengan magnet yang searah dan berulang-ulang, bahan                      magnet ini akhir nya akan bersifat seperti magnet batang yang mempunyai dau kutup dan                    kemagnetan nya bersifat permanen.
     2.  Mengalirkan arus listrik DC/elektromagnet yaitu mengalirkan arus listrik pada kumparan yang            di bagian tengah di masukan inti besi ( Misal nya Paku yang besar ) magnet yang dibuat                      dengan ini akan mempnyai sifat yang permanen artinya hanya bersifat sebagai magnet sewaktu            di aliri listriksaja. kutup magnet yang di peroleh dapat di tentukan dengan kaidah tangan kanan            Oerstead.
     3.  Induksi Magnet yaitu dengan cara mendekatkan benda yang bukan magnet dengan magnet                   permanen sehingga benda tersebut akan bersifat sebagai magnet.


Pada batang magnet akan terdapat 3 ( Tiga ) bagian utama :

      1.    Kutup magnetis terletak pada ujung-ujung batang magnet lebih kurang ½  x  panjang batang                magnet, berdasarkan konvensi internasional  di sepakati :
                                                                     A.  Kutup Utara di sebut kutub merah
                                                                     B.  Kutup Selatan di sebut kutub biru
     2.    Sumbu magnet adalah garis yang menghubungkan kutub-kutub magnet
     3.    Bidang netral yaitu bidang tegak lurus sumbu magnetis yang terletak tepat di tengah batang                 magnet.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »