Sistem Kemudi Dan Kompas

11:31

Indonesia sebagai salah satu Negara Maritim besar seharus nya mempunyai para pelaut yang harus mempunyai inspiransi kemaritiman besar yang kuat demi kemajuan dunia Maritim.

seperti pembelajaran terdahulu Kompas dan Sistem Kemudi adalah satu peljaran kompetensi untuk jurusan Nautika yang mana di gunakan pada saat Taruna Praktek kerja laut. dan menjadi seorang Mualim di atas kapal. Kompas dan Sistem adalah alat Navigasi yang sangat penting bagi seorang Navigator untuk menjalankan sebuah kapal niaga, kompas juga dapat di gunakan untuk menentukan posisi kapal dengan bantuan alat baring Navigasi yaitu Azimut Circle.
    Di atas kapal ada beberapa pedoman yang sering kita jumpain bahkan harus ada misal nya pedoman Magnetdan pedoman Gaya begitu juga dengan sebuah kemudi di atas kapal. Kapal tanpa kemudi ibarat  kita berjalan tanpa tujuan. Karena sebelum kita melakukan pelayaran di suatu wilayah seorang Mualim akan menetukan suatu garis Haluan kemudian kapal akan mengikti garis haluan tersebut sampai ketujuan.
    Seperti kita ketahui pada kemudi kapal ada 3 yaitu Cara penggunaan nya yaitu Manual, Auto Pilot, dan Kemudi Darurat pada Steer kemudi itu sendiri sistem penggunaanya selain Auto Pilot dan Manual ada yang nama nya NFU ( Non Follow Up ) yang sering menggunakan NFU ini biasanya kapal-kapal Suppiy atau kapal yang sering menggunakan oleh gerakan.

          Pedoman Magnet

  Kata Magnet berasal dari bahasa Yunani Magnes atau Magnetisithas yang batu dari magnesia, Magnet merupakan benda yang dapat menarik benda-benda lain di sekitar seperti Besi, Baja, dan Kobalf.
sebuah magnet terdiri atas magnet-magnet lemeter yang tersusun secara teratur. Magnet mempunyai bagian-bagian yang paling kuat  daya tarik nya yaitu : Bagian Kutub, Magnet yang terdidri dari kutub Utara ( KU ) dan kutub Selatan ( KS ), ada tiga mecam magnet menurut proses terjadi nya yang di kenal :

 1. Magnet Alam : Potongan besi yang magnet nya berdasarkan alamiah antara lain terdapat di Asia.
 2. Magnet Buatan : Benda baja atau besi yang di jadikan magnet secara buatan oleh sapuan-sapuan          dengan megnet lain.
 3. Magnet Elektron : Batang besi lunak yang di lilit dengan kumpulan tembaga ( Isolasi ) yang di            aliri oleh listik batang besi, akan menjadi Magnetis hanya apabila kumpulan di aliri Listrik.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »