Perinsip Magnet Compas

11:31
Manet kompas kerja berdasarkan induksi magnet bumi yang terjadi pada besi-besi kapal, baik itu besi keras, lunak maupun setengan keras. cara kerja magnetis kompas berpedoman pada hukum colomb I, II dan III juga hukum induksi magnetis.

➤HUKUM COLOUMB I
kutup-yang tidak senama dari dua (2) magnet badang akan saling tarik menarik sedang kan kutup-kutup senama akan saling tolak menolak .

➤HUKUM COLOUMB II
gaya tarik dan gaya tidak magnetis adalah berdanding lurus dengan banyaknya magnetisme yang terkumpul pada kutup-kutup nya.

➤HUKUM COLOUMB III
gaya tarik/tolak magnetis berbanding terbalik dengan kuadrat jarak dari letak kutup-kutup yang saling mempengaruhi . 


➡ HUKUM INDUKSI MAGNETIS
        1. Di dalam besi yang di induksi di dekat kutup yang meninduksi di banagkitkan sebuah kutup                 yang tidak senama. 
        2. Induksi nagnetis adalah berbanding lurus dengan banyak nya magnetis di dalam kutup yang                 menginduksi.
        3. Induksi magnetis adalah berbanding terbalik dengan kuadrat jarak dari besi yang menginduksi             dan yang di induksikan.


Pedoman magnet adalah sebuah alat navigasi yang di gunakan untuk menentukan arah di laut, baik berupa haluan kapal maupun baringan. Dengan bertambah modren dan praktisnya pedoman gyro banyak para navigator yang melalaikan pedoman magnet meskipun pedoman gyro dapat di andalkan namun sebagai alat bentu navigasi pesawat ini tetap bergantung pada sumber tenaga dari luar ( tenaga listrik ) pedoman gyro dapat sewaktu-waktu tidak berfungsi ( apabila terjadi gangguan yang kecil saja pada arus listrik dapat berakibat patal dan penunjukan arah nya menjadi tidak menentu ) sebaliknya pada pedoman magnit sebagaimana di jelaskan terdahulu bahwa pedoman magnit bekerja berdasarkan sifat-sifat magnit pada sebuah magnit batang yang terpasang pada mawar pedoman. sifat-sifat magnit pada sebuah magnit batang atau suatu magnit jarum antara lain :  

                             * Memilih gaya tarik/tolak terhadap logam bermagnet lain ( baja dan besi )
                             * Kekuatan gaya tarik/tolak tersebut adalah terkuat pada ujung-ujung batang                                           magnet
                             * Ujung batang magnet batang tersebut di berinama kutub, kutub utara dan kutub                                     selatan
                             * Kutub-kutub yang senama dari dua buah magnet batang akan saling tolak                                             menolak dan kutub yang tidak senama akan tarik menarik.
                             * Apabila sebuah magnet di tempatkan sedemikian rupa sehingga dapat berputar                                     bebas dalam bidang horizontal maka kutub-kutub nya akan mengarah atau                                             menunjuk kutub bumi.
                             * Berdasarkan jekuatan gaya tarik/tolak antara dua buah magnet kedua kutub yang                                   berasangkutan dan berbandingan terbalik dengan jarak anatara kutub-kutub                                           pangkat dua ( hukum coloumb )

Sesuai dengan penempatan dan fungsinya pedman magnit di bagi menjadi 
     A. Pedoman standart
     B. Pedoman Kemudi
     C. Pedoman darurat

Menurut konstruksi pedoman magnet di bagi menjadi : 
   1. Pedoman magnet kering, sesuai penjelasan terdahulu bahwa jenis pedoman ini tidak menggunakan zat cair untuk keseimbanga piringan pedoman nya. Pedoman magnet kering di mana batang-batang magnet di paang sejajar satu sama lain dan di gantungkan di bawah mawar pedoman dengan menggunakan benang sutra sehingga dapat bergerak bebas secara horizontal. Adapun bagian-bagian utama pedoman magnet kering adalah :
            A. Piringan pedoman 
            B. Ketel pedoman 
            C. Cicin lenja
            D. Rumah pedoman

Gambar di bawah ini merupakan penampang tegak sebuah pedoman magnet kering.

Ket
a. Katel
b. Tutup Kaca
c. Kaca Baur
d. Pena ( Semat )
e. Ujung Semat yang di lengkapi iridium
f. Sungkup dari aluminium
g. Batu Nilam dalam sungkup
h. Pinggiran dari aluminium
i. Benang Sutra
k. Batang Magnet
m. Cincin Lenza



         Gambar Pedoman Kering


Artikel Terkait

Previous
Next Post »